Mentan Amran Sulaiman Sebut Merauke Surganya Pertanian di Timur Indonesia

- 16 April 2024, 20:09 WIB
Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman saat tiba di Bandara Mopah Merauke
Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman saat tiba di Bandara Mopah Merauke /Humas Pemkab Merauke /Rakyat Papua

RAKYAT PAPUA. Merauke - Menteri Pertanian Republik Indonesia (Mentan RI), Andi Amran Sulaiman menyatakan kekagumannya melihat potensi luasan lahan pertanian di Kabupaten Merauke Provinsi Papua Selatan dengan sumber air yang melimpah.

Kabupaten Merauke sebelumnya telah menyandang predikat lumbung pangan nasional sebagaimana dicanangkan Presiden RI Joko Widodo sejak 2017 lalu dengan pembukaan lahan 1 juta hektar.

“Alhamdulillah, dulu kami rintis di sini sawah 10.000 hektar dan sekarang produksinya sudah nampak, sudah berhasil. Dulu rencana kita kembangkan di sini sampai 1 juta hektar,” ujar Amran Sulaiman kepada awak media saat di Bandara Mopah Merauke, Selasa (16/2/2024) sore.

Baca Juga: Satu Pelaku Curas di Jalan Transito Merauke Diringkus

Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Merauke selama hari (16-17 April 2024) dalam rangka suksesi program food estate. Mentan Amran Sulaiman akan mengunjungi Distrik Tanah Miring yang menjadi kawasan pengembangan pertanian.

“Dan insyallah kedepan ini kita coba merintis, membangun, mencetak sawah 500.000 hektar karena lahannya sudah ada. Potensinya sangat bagus. Airnya melimpah dan seterusnya. Ini kita jadikan lumbung pangan,” sambungnya.

Mentan meyakini di tengah krisis pangan dunia dan dampak Elnino yang merajalela, pengembangan lahan pertanian melalui pembukaan lahan sawah di Kabupaten Merauke menjadi kekuatan program lumbung pangan nasional.

“Saat ini ada elnino dan krisis pangan dunia, dan ini sangat strategis sehingga lahan yang sudah ada kita tingkatkan. Kemudian lahan yang 500.000 hektar akan kita garap. Moga-moga bisa selesai satu tahun kedepan. Ini menjadi lumbung pangan kita, kekuatan kita,” kata Menteri.

“Saya tadi lihat dari udara, di Merauke potensi lahannya luar biasa. Airnya sangat luar biasa. Dan inilah surganya pertanian di Timur Indonesia,” tandasnya.

Halaman:

Editor: Amin Momiage


Terkait

Terkini

x