Festival Sagu di Kabupaten Asmat: Sebuah Upaya Menghidupkan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal

- 27 Juni 2024, 08:50 WIB
Festival Sagu di Kabupaten Asmat: Sebuah Upaya Menghidupkan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal
Festival Sagu di Kabupaten Asmat: Sebuah Upaya Menghidupkan Ekonomi Kreatif Berbasis Kearifan Lokal /Facebook @infopapuaselatan/

RAKYAT PAPUA - Dinas Pariwisata Kabupaten Asmat telah menggelar kembali Festival Sagu, kegiatan yang secara khusus dirancang untuk menghidupkan serta menumbuhkan ekonomi kreatif yang erat kaitannya dengan kearifan lokal.

Festival yang berlangsung di Lapangan Yossudarso Agats ini, merupakan manifestasi dari keinginan untuk membuka ruang baru dan memberikan rangsangan bagi dunia usaha pariwisata.

"Kegiatan ini tidak hanya bertujuan untuk pengembangan ekonomi kreatif menuju kemandirian ekonomi yang berbasis kearifan lokal tapi juga sebagai upaya pemanfaatan pengelolaan sumber daya alam secara lebih bijak,"katanya.

Baca Juga: Penetapan Resmi Hasil Pemilu DPRD Kabupaten Asmat oleh KPU

Ketua Panitia, Emelianus Ndepi, menyampaikan bahwa tujuan dari Festival Sagu adalah untuk membuka peluang pekerjaan, memicu pertumbuhan ekonomi kreatif, serta mengedukasi masyarakat tentang pentingnya kearifan lokal.

Sagu, sebagai salah satu sumber ketahanan pangan lokal, menjadi fokus utama dalam festival ini. Harapannya, sagu dapat dipromosikan lebih luas sebagai kekhasan budaya dan kuliner lokal Asmat.

Kegiatan dan Atraksi Selama Festival

  • Penanaman Sagu: Acara pembukaan ditandai dengan penanaman sagu secara simbolis, melibatkan beberapa pejabat setempat.
  • Tarian Pangkur Sagu oleh Sanggar Seni Wasan Jiran dan Aites: Sebuah atraksi yang menampilkan kekayaan budaya Asmat melalui tarian energik.
  • Penjualan Hasil Olahan Sagu oleh Kelompok Usaha Kecil dan Menengah: Menampilkan inovasi dari sagu yang menjadi bukti kreativitas masyarakat Asmat.

Festival Sagu tidak hanya menjadi sarana promosi budaya dan kuliner, tapi juga mendorong kemandirian ekonomi lokal melalui pengembangan dunia usaha pariwisata.

Baca Juga: Pemkab Biayai Anak-Anak Asal Asmat Menempuh Pendidikan di Perguruan Tinggi Tahun 2024

Halaman:

Editor: Amin Momiage


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah