Mengawali Era Baru: Pengiriman Perdana Konsentrat Tembaga PT Freeport Indonesia

- 15 Juni 2024, 10:07 WIB
Mengawali Era Baru: Pengiriman Perdana Konsentrat Tembaga PT Freeport Indonesia
Mengawali Era Baru: Pengiriman Perdana Konsentrat Tembaga PT Freeport Indonesia /Doc. Rakyat Papua /

RAKYAT PAPUA PT Freeport Indonesia (PTFI) mencatatkan sejarah baru dengan mengirimkan konsentrat tembaga perdana dari Pelabuhan Amamapare, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah. Pada hari Rabu 13 Juni 2024

Peristiwa ini tidak hanya menjadi tonggak penting bagi operasional PTFI tetapi juga menandakan dimulainya kerja sama strategis dengan Smelter PTFI yang berlokasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Gresik, Provinsi Jawa Timur. Inisiatif ini merupakan langkah maju dalam meningkatkan nilai tambah mineral di dalam negeri, sejalan dengan regulasi pemerintah Indonesia.

Sebagai perusahaan tambang tembaga dan emas terkemuka, PT Freeport Indonesia telah lama beroperasi di Grasberg, salah satu cadangan emas terbesar dan salah satu cadangan tembaga terbesar di dunia. PTFI berkomitmen untuk mengembangkan industri pertambangan Indonesia melalui penerapan teknologi terbaru dan praktik pertambangan yang berkelanjutan. Langkah ini termasuk upaya untuk memproses mineral lokal sehingga mampu menambah nilai ekonomi dan meningkatkan kemandirian industri pertambangan di Indonesia.

Pelabuhan Amamapare, tempat pengiriman konsentrat tembaga perdana tersebut, berfungsi sebagai kunci logistik bagi PTFI dalam distribusi produknya.Terletak di Kabupaten Mimika, pelabuhan ini memiliki peran strategis dalam mendukung operasional tambang PTFI, tidak hanya sebagai titik ekspor namun juga sebagai pintu masuk logistik dan bahan kebutuhan tambang.

Fasilitas ini dilengkapi dengan teknologi modern untuk menjamin efisiensi pengiriman konsentrat tembaga ke berbagai destinasi.

Proses pengiriman konsentrat tembaga PTFI ini berlangsung dengan menggunakan kapal khusus yang dioperasikan oleh para profesional di bidangnya.

"Perjalanan dari Pelabuhan Amamapare menuju Smelter PTFI di JIIPE, Gresik, dilakukan dengan perencanaan yang matang dan memperhatikan aspek keamanan serta kelestarian lingkungan. Inisiatif ini mencerminkan komitmen PTFI terhadap penerapan operasional yang bertanggung jawab".

Tujuan utama pengiriman ini adalah untuk memulai operasional Smelter PTFI di Gresik yang direncanakan akan beroperasi penuh pada Juni 2024.

Smelter ini dibangun sebagai bagian dari komitmen PTFI terhadap pemberlakuan aturan pemerintah Indonesia yang mengharuskan pemrosesan dan pemurnian mineral di dalam negeri.

Halaman:

Editor: Amin Momiage


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah